Senin, 30 September 2019

Ketika AC menjadi Kebutuhan Warga Jakarta


Gimana cuaca di Jakarta sekarang? Pasti panas sekali kan? Di Surabaya, cuaca dan hawa nya panas sekali seperti terbakar. Di Jakarta saya jamin dua kali lipat panasnya, apalagi di tambah dengan jalanan yang macet. Wahh lengkap sekali yahh.. Oleh karena itu, disini saya ingin membantu kalian agar terasa sejuk ketika cuaca lagi panas panasnya.. Disini saya akan memperkenalkan suatu alat penyejuk yang biasa kalian sebut dengan, AC . Yah, AC  yang kalian ketahui, merupakan salah satu alat yang bisa menyejukkan ruangan tersebut bisa membuat kalian merasa nyaman walaupun diluar sana cuaca amat panas.

Namun kekurangan dari AC  ini pada daya Watt nya yang relatif tinggi, tapi tenang untuk itulah tulisan ini dibuat. Kebanyakan orang  kalau membeli AC  toko elektronik pasti akan tau namanya, misalya membeli indoor AC  atau membeli outdoor AC , Akan tetapi tidak semua orang mengetahui berapa kapasitasnya. Dan seandainya kita membelinya pun kita langsung diambilkan barangnya tanpa memberi penjelasan apapun,dan kita percaya saja dengan si penjual.Tetapi seandainya kita bertanya pasti akan dikasih tau sama penjualnya.  Pada saat sekarang ini AC   bukanlah lagi barang yang mewah. Pasalnya setiap orang saat ini butuh AC  mulai dari rumah kaplingan, perumahan, hingga perkantoran. Mulai dari kalangan menengah kebawah sampai menengah ke atas. Hal tersebut dikarenakan telah banyak beredar di pasaran jenis AC   yang dijual dengan harga relatif murah bahkan memiliki daya watt kecil alias AC low watt. Disini akan saya rangkum kenapa warga yang tinggal di Jakarta membutuhkan alat penyejuk yang satu ini.

Faktor suhu. Kita tahu bahwa suhu rumah seseorang tidak menentu. Kadang-kadang panas, kadang-kadang juga dingin. Oleh karena itu, dibutuhkan kondisi dimana udara lebih banyak. Paling tidak udara atau suhu yang panas bisa menjadi dingin atau sejuk. Ini tentu alasan yang paling umum untuk orang yang membutuhkan AC  di rumahnya bukan?.

Faktor polusi. Polusi juga merupakan alasan yang tepat. Bukan hanya polusi udara. Ruangan yang ber AC  dan kedap akan menahan suara-suara yang masuk maupun keluar ruangan. Misalnya, bila rumah Kalian berdekatan dengan pabrik, polusi udara dari pabrik akan disaring dengan adanya AC  begitu juga dengan suara-suara bising mesin pabrik. 

Sirkulasi udara yang buruk. Saat ini untuk wilayah ibu kota seperti jakarta, sangat sedikit sekali lahan yang luas atau rumah dengan lingkungan yang sehat. Terutama untuk kalangan menengah ke bawah dengan terpaksa mereka menempati rumah di area yang padat. Jarak antara rumah yang satu dengan yang lainnya saling berdekatan. Baik itu ke depan, ke samping maupun ke belakang, membuat sirkulasi udara dalam rumah tidak lancar belum lagi polusi udara yang terus meningkat, ini akan berdampak buruk untuk anak-anak tertama bayi.  Jadi untuk wilayah ibu kota terutama wilayah DKI Jakarta, disarankan untuk menggunakan AC  agar sirkulasi udara menjadi lancar, segar dan terhindar dari penyakit-penyakit udara seperti asma dan alergi

Nah jika ketika point diatas penting nya AC  sekitar lingkungan rumah, disini akan saya jelaskan mengapa pada saat berkendara kita sangat membutuhkan alat yang satu ini agar menyejukkan sekitar karena cuaca matahari yang terik, belum lagi dijalan macet panjang. Tentu sangat membutuhkan bukan? Sebelum membahas pentingnya AC  pada mobil atau kendaraan, mari kita kenali lebih dalam apa itu AC  dan apa saja fungsinya sebagai berikut. Air Conditioner atau yang sering disingkat dengan AC ini merupakan suatu sistem yang ada pada kendaraan atau mobil yang memiliki peran untuk membuat temperatur atau suhu di dalam kabin mobil tersebut menjadi sejuk, sejuk disini dapat diartikan dengan dingin, nyaman, enak dan lain sebagainya. Ketika di siang hari yang di mana pada umumnya suhu di dalam mobil akan terasa lebih panas, maka dengan menghidupan air conditioner ini udara yang suhunya panas ini akan diserap panasnya sehingga temperatur udara di ruangan tersebut akan menurun, ini merupakan fungsi AC   sebagai pengontrol temperatur atau suhu.

Air Conditioner terdiri dari kata "air" yang berarti udara, dan "conditioner" yang berarti penentu, pengkondisian, penyejuk, bisa dikatakan juga sebagai pengatur. Air conditioner sering disebut juga sebagai penyejuk udara, karena memang salah satu fungsinya adalah untuk menyejukkan udara ruangan didalam kendaraan. Berikut kebutuhan AC  dalam perjalanan dengan mmobil. Ketika di perjalanan dan turun hujan, maka udara didalam kendaraan akan lembab yang akan membuat adanya embun-embun pada kaca yang akan mengganggu penglihatan pengumudi terhadap jalan. Kondensasi ini dapat dikurangi dengan menghidupkan AC   karena air conditioner akan mengurangi kelembaban dan mempertahankan suhu udara didalam ruangan pada tingkat yang menyenangkan, selain itu udara yang dikeluarkan oleh sistem AC   merupakan udara yang benar-benar kering dan bersih. Sistem air conditioner akan meniupkan udara yang telah melalui filter AC , oleh saringan AC   ini udara akan dibersihkan dari kotoran, debu, partikulat dan lain sebagainya, sistem AC   juga akan menjaga sirkulasi udara pada ruangan kabin kendaraan berjalan dengan baik. Ini merupakan fungsi yang ke-tiga dan ke-empat, yaitu mengontrol sirkulasi udara dan juga untuk memurnikan udara (purification) sob.
Gimana masih belum faham apa yang menjadi faktor utama kebutuhan AC  pada warga yang tinggal di Jakarta, namun tidak harus warga Jakarta juga. Sekarang kan cuaca nya memang sangat terik bukan? 


EmoticonEmoticon