Jumat, 21 Juni 2019

Penanganan Alergi Anak Pada Susu Sapi

Sutera Blogger - Alergi susu sapi mungkin sudah bukan merupakan isu yang terdengar asing lagi di telinga anda. Pasalnya di luar sana ternyata ada sebagian besar orang yang umum memiliki keadaan tubuh yang  tidak cocok dengan kandungan nutrisi susu sapi sehingga saat meminum susu sapi yang terjadi justru muncul gangguan kesehatan. Baik itu gatal-gatal, sesak napas, gangguan pencernaan, dan gangguan-gangguan lainnya. 

Alergi susu sapi yang sering terjadi tersebut tidak hanya menyerang orang dewasa. Bahkan usia yang paling rentan dengan jenis alergi yang satu ini tak lain dan tak bukan adalah anak kecil. Alergi anak terhadap susu sapi sangat besar kemungkinan terjadi. Hal ini karena usia anak kecil atau balita biasanya masih merupakan usia wajar mengkonsumsi susu dengan takaran banyak. Tentu saja hal tersebut karena usia anak-anak merupakan masa-masa pertumbuhan. 


Nah alergi susu sapi yang dialami oleh anak anda tidak bisa anda biarkan begitu saja. Memang secara ilmu kesehatan alergi terhadap susu sapi bisa hilang sendirinya seiring bertambahnya usia anak. Akan tetapi hal ini tidak bisa dibiarkan terjadi pada anak mengingat beberapa gejalanya bisa sangat berbahaya untuk kesehatan si anak bahkan bisa sampai merenggut nyawa anak anda. Beberapa gejala yang sering terjadi adalah seperti sesak napas, gatal-gatal pada tubuh hingga kulit memerah, muntah dan mual, diare, dan lain sebagainya yang bisa jadi lebih parah.

Dengan gejala yang bisa berakibat lebih parah jika dibiarkan maka sebagai orang tua yang cerdas anda harus melakukan beberapa penanganan awal agar anak anda tidak mengalami efek buruk akibat alergi yang diderita oleh anak anda tersebut. Diantara cara penanganan yang bisa anda gunakan adalah sebagai berikut :

1.    Jika anak anda masih dalam masa disusui maka sebisa mungkin rutinlah menyusui anak anda dengan asupa ASI yang cukup. Hal ini karena ASI menjadi salah satu konsumsi yang sangat baik untuk menjaga imun tubuh anak agar tumbuh kembang anak semakin baik.

2.    Saat dalam masa menyusui, anda harus menjaga pola konsumsi anda. Untuk cara yang lebih terpercaya maka sebaiknya anda tidak mengkonsumsi segala macam makanan atau minuman yang sekiranya mengandung bahan susu sapi. Hal ini karena semua jenis makanan dan minuman yang anda konsumsi akan diproses dalam tubuh anda dan berganti menjadi ASI. Sehingga akan sangat berpengaruh pada si anak yang mengkonsumsi ASI tersebut. 

3.    Jika anak anda sudah tidak dalam masa atau usia untuk disusui maka anda bisa mulai mengatur pola makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak anda tersebut. Dengan begitu anak anda akan lebih bisa terhindar dari asupan susu sapi.  

Nah dari beberapa langkah penanganan Alergi susu sapi pada anak di atas bisa menjadi referensi anda untuk lebih menjaga anak-anak anda agar bisa tetap tumbuh sehat dan kuat tanpa mengalami gangguan kesehatan akibat alergi yang dideritanya.

Melakukan penanganan awal untuk mencegah terjadinya efek alergi akan lebih baik dibandingkan mengobati. Jika alergi yang diderita anak anda belum terlalu parah atau masih dalam tahap kewajaran maka anda bisa memperbolehkan anak anda mengkonsumsi susu sapi dengan catatatan kadar yang diberikan tidak boleh terlalu banyak. Hal ini bisa membuat alergi menjadi lebih berkurang karena membiasakan melawan alergi yang ada dalam tubuh di anak.


EmoticonEmoticon