Selasa, 05 Maret 2019

Begini Upaya Pencegahan Kenaikan Berat Badan Pasca Imlek


menaikkan massa otot


Seperti halnya perayaan lebaran oleh umat agama Islam, penganut agama Konghucu merayakan imlek tiap tahunnya dengan aneka hidangan makanan yang tersedia. Mulai dari kue tar nanas, bak kwa, kueh lapis, yu sheng, kue kacang sampai nian gao. Namun, tahukah Anda, imlek bukanlah perayaan agama seperti lebaran.

Menurut informasi yang beredar, imlek merupakan kebudayaan rakyat China untuk menyambut tahun barunya. Jadi, imlek tak hanya dirayakan oleh yang beragama Konghucu dan Budha saja. Meski demikian, bagi penganut agama tersebut, Imlek dianggap suatu hari besar yang harus dirayakan sehingga tepat pada hari Imlek harus datang ke wihara atau kelenteng.

Nah, terlepas dari pro kontra perayaan Imlek, seringkali umat China mengeluhkan mengalami kenaikan berat badan akibat sesajian makanan yang beragam. Padahal mungkin kamu sudah berusaha keras untuk menaikkan massa otot dengan berolahraga. Mungkin juga dengan mengonsumsi suplemen tertentu sampai kamu tahu betul seluk beluk perbedaan bcaa dan amino.

Nah langsung saja, biar tidak gemuk, perhatikan cara cegah kenaikan berat badan pasca imlek berikut ini!


Makanlah Buah Terlebih Dulu Sebelum Ngemil

Memang, sajian makanan untuk menyambut hari raya imlek sangat beragam dan nikmat seperti bak kwa. Namun, tahukah Anda jika 1,5 iris bak kwa setara dengan 500 kilokalori makanan? Artinya, jika dalam sehari saja Anda mengonsumsi 1,5 iris bak kwa, berat badan akan naik otomatis setengah sampai satu kilogram dalam sepekan.

Hal tersebut menandakan jika makanan-makanan yang nikmat akan memberikan dampak kenaikan berat badan pasca perayaan imlek. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, upayakan untuk mengonsumsi beberapa buah dulu sebelum ngemil sajian imlek. Misalnya buah jeruk Mandarin.

Ketahuilah, buah ini mengandung vitamin C yang memberikan efek kenyang lebih lama pada peru Anda. Apabila perut terasa kenyang, maka selera makan pun akan berkurang. Sehingga Anda pun dengan sendirinya akan menguranig asupan makanan ringan yang penuh dengan kandungan gula dan lemak.

Batasi Diri Sendiri

Cara cegah kenaikan berat badan pasca imlek selanjutnya yaitu dengan menetapkan batasan diri sendiri bahwa Anda harus tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi makanan Imlek. Diet adalah rencana terbaik yang patut Anda lakukan. Jadi, Anda harus mengingat berapa kalori yang dibutuhkan tiap hari sehingga akan selalu membatasi dalam mengonsumi makanan dengan jumlah sesuai kebutuhan tubuh. Misalnya tidak lebih makan camilan lebih dari lima potong.

Usahakan untuk memilih piring kecil untuk berbagi makanan dengan kerabat dan juga tidak makan camilan yang sama lebih dari sekali. Piring yang kecil juga membantu Anda untuk tidak berlebihan dalam mengambil camilan serta mengurangi porsi. Sebagai tuan rumah yang menjamu para tamu, Anda pun berhak untuk memotong kue bak kwa menjadi kecil-kecil biar gaya ngemil lebih moderat.

Makan Perlahan

Cara selanjutnya untuk mencegah kenaikan berat badan pasca imlek adalah makan secara perlahan. Saat imlek, pasti banyak kerabat yang berdatangan. Nah, gunakan kesempatan tersebut untuk saling berbincang dan berbagai pengalaman. Dengan demikian, Anda akan lupa sendiri dengan selera makan.

Hindari Perut Kosong Saat Berkunjung ke Rumah Kerabat

Inilah yang sering menjadikan orang lupa diri saat berkunjung ke rumah saudara dalam keadaan perut kosong. Akibatnya, saat diberikan sesajian makanan, Anda akan tergiur untuk mengonsumi camilan dalam jumlah yang banyak dan berkalori. Setidaknya, makanlah roti gandum dan segelas susu sebelum berkunjung ke rumah saudara.

Nah, itulah beberapa cara cegah kenaikan berat badan pasca imlek bagi Anda yang merayakannya. Semoga, imlek tidak menjadi alasan untuk gemuk dan lupa diri ya!


EmoticonEmoticon