Sabtu, 23 Februari 2019

Memilih Prosesor Intel yang Ampuh untuk PC dan Laptop

sumber : tek.id


Memilih prosesor komputer yang tepat memang gampang-gampang susah, terutama bagi Anda yang tergolong awam di dunia perkomputeran. Anda memang selalu bisa bertanya pada penjual tentang keunggulan prosesor tertentu pada penjual, tapi alangkah baiknya jika Anda paham sendiri kan? Nah kali kami akan sedikit mengupas salah satu prosesor paling populer dan handal yang ada di pasaran, yaitu prosesor Intel.

Prosesor Intel biasa dibenamkan di PC maupun laptop yang dijual di pasaran. Intel bahkan mendominasi pasar prosesor. Berbagai produk PC atau laptop terbaru mengusung prosesor Intel generasi terbaru, yang paling umum adalah Core I3 dan Core I9. Intel dari generasi I9 digadang-gadang paling ampuh untuk keperluan komputasi harian, meski prosesor ini dianggap kurang cocok untuk keperluan gaming.

Di pasaran, berbagai PC dan laptop berprosesor Intel amat mudah didapatkan. Saat ini, Anda tak perlu susah-susah mencarinya dari toko ke toko. Cukup nyalakan smartphone dan mulai hunting online. Beberapa e-commerce kita menjual berbagai jenis komputer bermesin Intel, salah satunya Shopee yang punya pilihan paling luas dan sering bagi-bagi diskon. Soal orisinalitas jangan khawatir karena mereka menjual langsung dari pabrikannya.

Lalu apa sih kelebihan prosesor Intel? Kalau Anda mencari jenis yang paling kuat dan paling bisa diandalkan, maka pilihlah dari model CPU generasi 8 dan 9. Ciri khas CPU yang masuk dalam kelompok ini adalah namanya yang mengandung ‘i3’, ‘i5’, ‘i7’ atau ‘i9.’ Intel Core i9-9900K adalah CPU generasi kesembilan, sedangkan i7-8550U adalah chipset generasi kedelapan dan i7-7500U adalah generasi ketujuh.

Yang perlu diketahui, meski generasi kesembilan adalah produk terbaik yang ada, jika Anda mencari harga yang lebih terjangkau, maka generasi kedelapan adalah pilihan terbaik. Di luar dua generasi itu, Anda akan merasakan penurunan performa yang cukup signifikan. Untuk desktop alias PC, Anda harus tahu dulu bahwa Core I3 memiliki empat buah inti alias core. Meski performanya sangat bisa diandalkan, Core I3 kurang mendukung dua jenis teknologi terbaru yang saat ini sedang ramai digunakan, yaitu Hyper-Threading dan Turbo Boost.

Fungsi Hyper-Threading bertugas untuk menciptakan core virtual yang bisa dioperasikan prosesor dengan dua core lebih. Sedangkan Turbo Boost berfungsi untuk meningkatkan kecepatan performa secara dramatis ketika prosesor membutuhkan power lebih.

Core I5 memiliki enam buah core. Namun sama seperti I3, model ini juga tidak mendukung Hyper-Threading dan Turbo Boost. Prosesor yang lebih tinggi dan lebih mahal, Core I7, sudah mendukung dua teknologi itu. Jumlah corenya ada enam, namun bisa beroperasi seolah-olah punya 12 core. Hebat kan?


Baca Juga : Tips Cerdas Sebelum membeli Komputer Rakitan

Sementara yang paling tangguh adalah Core I9 yang mengusung delapan core dan tentu saja harganya lebih mahal dari model lain. Adapun pemilihan prosesor laptop tidaklah serumit prosesor desktop. Simpelnya, jika Anda mencari prosesor yang cukup tangguh untuk mengeksekusi tugas-tugas harian, maka pilihlah prosesor yang berakhiran dengan huruf ‘U.’ Ini adalah prosesor bervoltase sangat rendah untuk power yang lebih efisien.

Prosesor seri ‘H’ biasa digunakan untuk laptop-laptop high end seperti Alienware 15. Prosesor ini memang membutuhkan daya lebih besar dan umur baterainya lebih pendek, tapi performanya akan jadi jauh lebih baik. Untuk pilihan prosesor ‘best of the best’ di lini laptop adalah CPU berkode ‘HK,’ yaitu i9-8950HK. Sebagaimana prosesor dari seri K lainnya, HK sudah diunlock sehingga pengguna bisa melakukan overclock alias kostumisasi dengan lebih leluasa.

Kini di pasaran sudah mulai ada prosesor Intel CPU berjenis ‘G.’ Prosesor ini membenamkan prosesor grafik Radeon RX Vega M yang ada dalam PlayStation 4. Jadi bisa dibayangkan sebagus apa grafiknya jika Anda memakainya. Bila Anda ingin memiliki CPU yang standar-standar saja dan tak berencana mengkustom, pilih saja CPU Intel standar tanpa huruf di belakangnya. Sebagai bocoran, laptop yang paling tahan lama biasanya menggunakan prosesor model U. Jika Anda adalah gamer PC yang tak terlalu membutuhkan spek tinggi, Anda bisa memilih chipset seri G yang ada dalam banyak model PC terbaru.

Demikianlah pembahasan singkat kami seputar prosesor Intel untuk PC dan laptop. Setidaknya Anda sudah mendapatkan sedikit gambaran kan tentang prosesor Intel?


EmoticonEmoticon