Rabu, 30 Januari 2019

Wajib Baca! Bahaya Gigi Berlubang!

gigi berlubang

Teman2 pernah kan mengalami gigi berlubang? Waktu kapan? Saat anak-anak atau sekarang saat sudah dewasa?. Kebanyakan dari kita di dalam perjalanan hidupnya pernah mengalami sakit yang satu ini. Iya kan? Walaupun mungkin gak begitu sakit tapi pasti ada salah satu atau lebih giginya sudah mulai terkikis menuju lubang-lubang menyeramkan. Iya apa iya?. Sebelum kita tahu lebih banyak bahaya gigi berlubang, kita harus tahu dulu dong apa sih sebenarnya gigi berlubang itu?

Jadi, Gigi berlubang adalah kondisi di mana gigi kita mengalami kerusakan yang mengikis bagian-bagian gigi, baik seluruhnya atau hanya sebagian, bagian luar (email) hingga bagian dalam gigi (dentin) dapat terkikis sehinga timbullah lubang-lubang gigi. Terbentuknya lubang pada gigi disebabkan oleh penumpukan bakteri pada gigi tersebut dan penyebab lubang gigi yang paling sering adalah kurangnya kebersihan gigi, sering mengkonsumsi makanan yang manis terutama pemanis buatan. Gigi berlubang ini bisa terjadi pada siapa saja, tida harus anak kecil. Kebanyakan yang harus lebih menjaga adalah anak kecil, padahal sama saja, dewasa pun sangat berisiko terjadi lubang pada giginya, tapi memang ana kecil lebih sering karena seringnya konsumsi makanan-makanan yang mengandung pemanis sangat tinggi.
Lalu apa sih bahayanya kalau gigi kita berlubang ? 

Menimbulkan nyeri yang amat parah
Awalnya memang saat gigi kita baru mulai terkikis belum terasa apa-apa, kadang cuma ngilu atau nyeri sebentar lalu menghilang. Kadang muncul semakin parah tapi hilang lagi. Ya itu memang tanda-tanda awal munculnya gigi berlubang. Gak boleh kita anggap sepele, kita harus waspada. Karena lama kelamaan nyeri gigi itu akan semakin parah hingga rasanya semua organ-organ di sekitar gigi ikut nyeri semua, kepala ikut nyut-nyut an, telinga ikut berdenging, mata ikut mengeluarkan air mata, sampai-sampai kia jadi sulit berkonsentrasi dan menjadi sensi terhadap lingkungan sekitar. Karena memang nyerinya sakit gigi itu dahsyat, sampai digunakan perumpamaan dalam lagu dangdut, hehe. Jangan sampai kita mengalami hal tersebut.

Bisa terjadi infeksi pada daerah sekitar
Banyak banget kasus pasien dengan diabetes melitus di rumah sakit mengalami infeksi di rahang bawah akibat sakit gigi yang berlubang dan mengalami infeksi. Memang sih gak semua gigi berlubang dengan mudah mengalami infeksi dan menyebar ke tempat lain, tapi tidak menutup kemungkinan, karena gigi yang berlubang merupakan rumahnya bakteri yang terus akan merusak dan bisa menimbukan infeksi dan infeksinya akan menyebar ke daerah di sekitarnya, termasuk rahang bawah, gusi, dll.

Penyakit gusi
Gigi berlubang juga bisa menyebabkan penyakit gusi seperti gingivitis, sehingga gusi akan tampak merah dan nyeri yang nantinya lama kelamaan bisa juga menyebar ke gusi di sekitarnya dan juga bagian mulut yang lain, sehingga bisa membengkak dan sulit digunakan untuk makan, bicara, dan aktivitas mulut yang lain.
Bahaya-bahaya diatas hanya sebagian, masih banyak bahaya-bahaya dari gigi berlubang yang lebih parah, seperti gangguan jantung, stroke, dll.
Lah, sekarang kita sudah tau bahayanya, kita bisa semakin waspada dan tidak mengabaikan sinyal-sinyal dari tubuh kita kalau ada gigi yang mulai terkikis seperti ngilu dan nyeri, sehingga kita bisa mengambil langkah awal agar tidak terlanjur parah dan mengakibatkan penyakit-penyakit lain yang lebih parah yang tidak kita inginkan.  Kalau kita belum ada tanda-tanda gigi berlubang, berarti tugas kita yaitu mencegahnya. Dengan cara apa? Pastinya dengan selalu menjaga kebersihan gigi kita, sikat gigi sebelum tidur itu penting karena kuman-kuman yang tersisa di gigi kita, saat tidur akan semakin berkembangbiak, selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah makanan yang kita makan, jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula tinggi, seperti coklat, permen apalagi kita mengkonsumsinya dengan mengunyah, pasti gula-gula itu akan menempel di gigi kita dan sulit sekali untuk dibersihkan walaupun sudah dengan menggunakan sikat gigi.
Semoga kita semua terhindar dari gigi berlubang yaa....


EmoticonEmoticon