Kamis, 10 Januari 2019

TIPS CERDAS SEBELUM MEMBELI KOMPUTER RAKITAN


Sutera Blogger - Meroketnya penggunaan smartphoe, tablet, iphone dan laptop oleh masyarakat menjadikan computer kian tertinggal. Akan tetapi tidak jarang pula komputer masih sering digunakan pula oleh masyarakan dalam mengakses internet dan mengerjakan tugas kantor, sekolah, warnet dll. Wanet-warnet itupun biasanya menggunakan komputer yang biasa digunakan untuk mengakses internet, mengerjakan tugas dll. Namun komputer apakah yg mereka  gunakan? Memiliki merek kah, dari pabrik atau rakitan sendiri? Kita tidak tahu kecuali kita bertanya dengan pemiliknya. :D 



Yang jelas, kebanyakan komputer di warnet memakai komputer rakitan karena biaya yang lebih murah.


Komputer rakitan adalah perangkat komputer yang di rakit oleh orang sehingga bias dipakai untuk berbagai keperluan. Komponennyapun bermacam-macam merek. Mungkin kita sudah sedikit faham ketika membeli komputer jari langsung rakitan pabrik. Namun jika membeli komputer rakitan, kita harus bertanya kepada yang ahli atau minimal faham terkait komputer rakitan.


Dan berikut ini beberapa tips dalam membeli komputer rakitan.


     1.       Sesuaikan dengan budget kita


Inilah yang menjadi kunci didalam membeli komputer rakitan, ketika keinginan tidak berimbang dengan budget maka akan kandas pula keinginan tersebut. Apalah komputer rakitan dengan spesifikasi tinggi ( gaming, video editing, dll) tentunya membutuhkan biaya yang tinggi, karena komponen-komponen yang dirakit tersebut memiliki harga yang cukup mahal. Sedangkan jika kita membeli komputer rakitan yang spesifikasi standar (untuk tugas, internet dan semisalnya), biasanya ini hanya membutuhkan biaya yang tidak begitu mahal.

      2.       Sesuaikan dengan kebutuhan kita


Setelah menyiapkan budget dalam membeli komputer rakitan, tentunya kita menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika kebutuhan kita adalah gaming, video editing tentunya membutuhakn komponen rakitan dengan spesifikasi tinggi, jangan sampai kita membeli komponet dengan spesifikasi standar, maka akan lebih banyak dana yang keluar untuk digunakan dalam mengupgrade komputer tersebut dan ini sungguh akan merugikan kita. Maka dari itu sesuaikan dengan kebutuhan kita.

      3.       Mencari review tentang komputer


Sebelum memutuskan membeli komputer rakitan, komponen-komponen dll. Tidak ada salahnya untuk mencari informasi-informasi tentang komputer, komponennya dan merk yang bagus untuk membuat komputer rakitan. Hal ini dilakukan agak kita tidak dibodohi oleh toko yang merakit komputer. Informasi itu bisa kita cari di internet, atau kita tanyakan ke teman yang faham akan komputer rakitan.

      4.       Menentukan komponen yang akan digunakan


Jika kita membeli komputer rakitan, kita bisa memesan kepada toko tersebut komponen apa yang akan dipasang pada komputer rakitan tersebut. Komponen yang bisa kita pilih antara lain, prosesor, VGA, RAM, Bluetooth, Wifi dan lain-lain. Begitu pula komponen tambahan berupa keyboard, mause, webcam dll. Dan tentunya kita sesuaikan dengan budget kita.

      5.       Mencari toko yang terpercaya dan berpengalaman


Dan yang terakhir adalah mencari toko yang terpercaya dan berpengalaman. Kalua kita berada di kota-kota besar, kita bisa mencari di internet tentang toko yang sudah berpengalam, segaligus melihat review toko tersebut. Atau kita bisa bertanya kepada teman kita yang faham tentang tempat atau toko yang terpercaya dalam merakit komputer. Dan biasaya toko tersebut akan memberikan garansi kepada pembelinya.



Nah di atas telah kami bagikan beberapa tips serta trik dalam membeli suatu komputer rakitan. Lebih baik luangkan waktu untuk melakukan pengecekan dan lain sebagainya. Daripada asal membeli kemudian menyesal dikemudian hari. Selamat mencoba tips di atas dan mudah-mudahan bisa menjadi referensi kepada para pembaca yang ingin membeli komputer rakitan.


EmoticonEmoticon