Rabu, 30 Januari 2019

Cari tahu yuk tentang baby spa

baby spa

Apa sih baby spa itu? Sebelum kita bahas baby spa, kita bahas duu sebenarnya usia berapa sih yang disebut baby atau bayi itu? Bayi adaah anak dengan renang usia 0-1 bulan. Masa ini adaah masa yang kriis bagi kehidupan seorang anak karena pada masa ini akan erjadi adaptasi anak terhadap lingkungan, perubahan sirkulasi darah dan perubahan organ-organ dalam tubuh yang mulai berfungsi. 

Lah pada masa ini juga bayi akan berumbuh, fakor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bayi ini ada yang bawaan ada juga faktor dari luar. Faktor bawaan seperti penyakit bawaan, jenis kelamin, suku bangsa, dan juga ras. Sedangkan faktor yang didapat dari luar yaitu nutrisi, ekonomi keluarga, status kesehatan, dan stimulasi. Lah disini nanti kita akan bahas salah satu cara atau perawatan bayi yang dapat menstimulasi bayi dalam rangka membantu pertumbuhan fisiknya, yaitu baby spa.

Sekarang kita masuk ke bahasan baby spa yaaa..
Baby spa adalah perawatan bayi menggunakan metode air. Baby spa adalah salah satu bentuk stimulasi yang diberikan kepada anak untuk menunjang pertumbuhan fisiknya. Perumbuhan fisik itu apa? Perumbuhan fisik adalah berambahnya ukuran fisik dan sebagian atau keseluruhan tubuh yang nantinya dapat diukur dengan satuan panjang dan berat. 

Unsur dasar terpenting pada baby spa ini adalah air (berenang) dan massage (pijat). Berenang sangat efektif untuk menghilangkan kelelahan dan kejenuhan bagi bayi, berenang juga akan merangsang gerakan motorik pada bayi karena otot-otot bayi akan berkembang dengan sangat baik, persendian akan bekerja secara optimal, pertumbuhan badan akan meningkat, dan juga tubuh menjadi lentur karena saat bayi kita masukkan ke dalam air pasti secara refleks bayi akan menendang-nendang air itu dengan kakinya dan juga tangannya aktif menepak-nepakkan ke air. 

Sedangkan massage adalah salah satu teknik jaman dahulu yaitu dengan menggunakan sentuhan tangan, jari, siku, kaki, atau alat bantu lain pada jaringan lunak (kulit, otot, saraf) untuk memberikan efek stimulasi, relaksasi, dan memperlancar peredaran darah.

Baby spa bermanfaat untuk memberikan rasa tenang, nyaman, dan segar sehingga bayi akan rileks dan dapat tidur dengan nyenyak. Emang kalau bayi gak bisa tidur bahaya kah atau kalau tidur gak nyenyak bahaya kah? Perlu kita ketahui bahwa 75% hormon pertumbuhan pada bayi keluar saat bayi tidur. Semakin meningkat jumlah tidur bayi akan semakin meningkatkan jumlah produksi hormon dalam tubuhnya. 

Pada suatu penelitian juga disebutkan bahwasannya pada bayi prematur yang dipijit selama 5x10 menit dalam 10 hari akan meningkatkan berat badan sebanyak 20-47% per hari. Sentuhan dan pijatan pada bayi akan meningkatkan nafsu makan dan berat badannya. Sebenarnya sentuhan alamiah pada bayi sama dengan teknik memijat atau mengurut. Apabila cara sentuhan itu dilakukan dengan cara yang benar pasti akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. 

Baby spa ini atau berenang dan memijat ini akan sangat bermanfaat jika dilakukan pada rentang usia 0-6 bulan. Karena apa? Karena pada usia tersebut adalah masa emas untuk pertumbuhan seorang bayi. Kalau terjadi kesalahan yang kita lakukan pada usia ini maka akan berakibat fatal pada pertumbuhan seorang bayi.  Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat dari baby spa ini. Jadi para buk ibuk marilah kita sedari dini belajar bagaimana teknik atau cara-cara untuk menstimulasi bayi kita agar pertumbuhannya optimal. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon