Senin, 12 November 2018

Kenali Sistem Saraf dan Cara Merawatnya


Mengenali secara lebih luas mengenai sistem saraf sama seperti Anda mengenali diri anda secara lebih baik. Dimana sistem syaraf ini merupakan salah satu sistem pada tubuh yang begitu penting dan memiliki fungsi yang begitu esensial. Selain anda perlu mengenali dengan baik sistem syaraf pada tubuh manusia, anda juga perlu untuk mengetahui cara untuk merawat dan juga cara untuk menjaganya. Sehingga anda tidak akan mengalami berbagai kelainan maupun berbagai gangguan yang umumnya akan mengakibatkan suatu penyakit yang fatal. Maka mari simak informasi berikut ini secara lebih lengkap.

Seperti yang telah anda ketahui bahwa Sistem Saraf merupakan suatu sistem koordinasi yang juga terdapat pada tubuh. Dimana sistem syaraf ini merupakan penghantar impul atau rangangan syaraf menuju susunan syaraf pusat. Nantinya proses impul syaraf ini akan memberikan perintah untuk menanggapi suatu rangsangan yang diterima. Maka tentu saja sistem syaraf ini memiliki peran atau andil yang begitu tinggi bagi keberlangsungan setiap aktivitas pada tubuh anda. 

Setidaknya ada dua golongan sistem syaraf pada tubuh manusia. Diantaranya ialah sistem syaraf pusat dan juga sistem syaraf perifer atau dikenal juga dengan sebutan sistem syaraf tepi. Dimana sistem syaraf sendiri sebenarnya memiliki tiga fungsi yang paling utama. Diantaranya ialah fungsi menerima informasi dalam bentuk situmulus atau rangsangan, melakukan proses pada informasi yang diterima, dan juga memberikan respon atau tanggapan terhadap rangsangan yang diterima. 

Struktur pada sistem syaraf itu sendiri terdapat beberapa baik. Mulai dari yang paling kecil adalah sel syaraf atau yang juga dikenal dengan sebutan neuron. Sel syaraf ini memiliki fungsi untuk menghantarkan rangsangan. Dimana sel syaraf atau neuron ini terdiri dari dendrit, badan sel, nukleus, akson atau neurit, selubung mielin, sel schawann, nodusodus ranvier, dan juga sinapsis. Sel syaraf ini sendiri memiliki fungsi diantaranya ialah sel syaraf sensorik, sel syaraf motorik, dan juga sel syaraf penghubung. Kemudian yang kedua ada sel glial yang memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada sel syaraf.

Melihat pentingnya fungsi dan kegunaan dari sistem syaraf ini, maka perlu anda memperhatikan beberapa hal dalam perawatannya. Dimana dengan menjaga sistem syaraf maka sama dengan anda menjaga kesehatan tubuh anda. Apa saja yang sebaiknya dilakukan? Salah satunya ialah dengan menjaga asupan makanan anda. 

Maka berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang akan membantu menjaga kesehatan sistem syaraf pada tubuh anda. Diantaranya ialah:


Mengkonsumsi gandum utuh

Gandum utuh ini umumnya bisa ditemukan di brown rice yang begitu kaya dengan kandungan vitamin B6. Dimana vitamin B6 ini berfungsi untuk membantu memecahkan senyawa tertentu yang akan membantu mencegah terjadinya penurunan kognitif otak.

Mengkonsumsi bayam dan sayuran hijau
Sayuran hijau umumnya merupakan asupan makanan yang mampu mengefektifkan kesehatan otak dan juga sistem syaraf anda. Sehingga umumnya sayuran hijau ini ampuh untuk mencegah penyakit alzheimer, demensia, dan juga parkinson. Apalagi bayam adalah sayuran yang juga memiliki berbagai manfaat diantaranya ialah untuk antioksidan dan mampu memperlambat penuaan pada sistem syaraf.

Mengkonsumsi teh

Teh yang anda konsumsi setiap hari ternyata memiliki manfaat yang begitu tinggi. Diantaranya ialah mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan juga mampu untuk mengefektifkan perbaikan kemampuan kognitif pada otak. Pada the juga terdapat anti oksidan yang berguna untuk menambah kelancara peredaran darah anda.

Mengkonsumsi sarden

Sarden memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang merupakan salah satu asupan untuk kesehatan sistem syaraf. Asupan lain yang memiliki kandungan yang serupa ialah pada salmon, sarden, tuna, dan lain sebagainya.

Mengkonsumsi buah delima

Buah delima ini semakin banyak bisa ditemukan di pasar, karena semakin banyak yang mengetahui manfaat dari buah delima ini. Dimana nutrisi yang tinggi pada buah delima ini mampu digunakan untuk menjaga pikiran anda agar bisa tetap aktif.

Mengkonsumsi buah blueberry

Buah bluberry ini tidak hanya diminati oleh masyarakat karena rasanya yang nikmat dan juga segar. Akan tetapi nyatanya blue berry memiliki banyak sekali khasiat yang luar biasa. Diantaranya ialah mampu mengatasi radikal bebas. Selain itu buah blueberry ini merupakan buah yang mampu memaksimalkan kemampuan kognitif pada otak anda. Jadi tentunya anda akan semakin menyukai buah blueberry ini karena nyatanya memberikan khasiat yang luar biasa.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan merawat kesehatan sistem saraf pada tubuh anda. Selain beberapa hal diatas, anda juga disarankan untuk menambah konsumsi suplemen yang menunjang terpenuhinya apusan gizi dan nutrisi pada tubuh anda. Inilah Nurobion yang merupakan suplemen neurotropik yang memiliki kandungan vitamin B dan berbagai vitamin lain yang akan berfungsi menjaga metabolisme tubuh anda terutama pada sistem syaraf.


EmoticonEmoticon