Rabu, 01 Agustus 2018

Cermati Resiko Investasi Reksadana Berikut Ini!

Sutera Blog - Investasi sangat penting untuk dilakukan karena akan memberikan keuntungan besar bagi anda di masa depan. Investasi menjadi cara bagi anda yang ingin hidup dengan kondisi finansial yang mapan di masa depan. Ada banyak sekali pilihan investasi yang bisa dilakukan dan bisa disesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan anda.

Satu hal yang perlu diketahui soal investasi adalah, investasi tidak harus selalu dilakukan dengan biaya yang tinggi. Bahkan, dengan modal yang ringan anda juga tetap bisa melakukan investasi asalkan pilihan jenis investasinya tepat. Dengan modal yang ringan, anda bisa mendapatkan keuntungan besar jika investasi yang anda pilih tepat dan memang menguntungkan.


Jangan pernah takut untuk berinvestasi bahkan meskipun jika anda hanya memiliki modal yang kecil atau belum punya pengalaman berinvestasi sama sekali. Dengan mencoba berinvestasi maka anda akan memiliki pengalaman dan kemampuan investasi anda akan terus meningkat menjadi lebih baik lagi.

Resiko Investasi Reksadana
 
Salah satu jenis investasi yang bisa dilakukan adalah
investasi reksadana dan secara spesifik ada pilihan reksadana terproteksi untuk anda. meskipun sebelumnya dikatakan bahwa anda harus berani memulai berinvestasi, namun ada baiknya anda untuk tetap waspada. Berikut akan dibahas apa saja resiko investasi reksadana yang perlu untuk anda perhatikan :

1.    Keuntungan Tidak Pasti
 
Meskipun investasi reksadana dinilai bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal namun perlu diketahui juga bahwa keuntungan yang diberikan tidaklah pasti. Bisa jadi anda akan mendapat keuntungan namun bisa juga kerugian. Oleh karena itu penting sekali untuk memilih jenis reksadana yang sesuai yang bisa mendatangkan keuntungan maksimal.

2.    Tanpa Jaminan dari Pemerintah
 
Ketika ada kerugian, maka kerugian harus ditanggung oleh nasabah atau investor yang terlibat. Jenis investasi reksadana ini tidak dilindungi oleh pemerintah. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu berhati-hati ketika memilih jenis reksadana. Pastikan jenis reksadana yang dipilih memiliki resiko kerugian yang sekecil mungkin.

3.    Tanpa Perlindungan Jiwa
 
Investasi reksadana tidak memberikan proteksi jiwa bagi investornya. Artinya, ketika investor mengalami musibah dan tidak bisa melanjutkan investasi maka tidak akan ada pihak lain yang bisa menggantikan posisinya. Dengan begitu maka investasi akan berhenti.

4.    Bisa Bubar
 
Reksadana bisa dibubarkan karena beberapa kondisi tertentu. Misalnya, reksadana bisa bubar karena perintah dari OJK sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kalau sudah seperti ini maka anda harus bersiap untuk menanggung resiko kerugian.

Itulah tadi beberapa resiko yang harus anda hadapi ketika berinvestasi reksadana. Namun, resiko ini tetaplah hanya sebuah kemungkinan karena anda juga tetap memiliki kemungkinan untuk mendapat keuntungan yang besar. Jadi, jangan pernah takut untuk mencoba asalkan anda memutuskan investasi reksadana dengan sangat hati-hati dan penuh berbagai pertimbangan.


EmoticonEmoticon