Kamis, 12 Juli 2018

Penyebab Ledakan di Knalpot Motor yang Wajib Anda Ketahui


Saat mengendarai motor dengan tenang, Anda pasti menginginkan perjalanan yang nyaman dan tenang. Namun, pernahkah Anda mengalami gangguan knalpot motor seperti meledak atau menembak?
Banyak orang memeriksa ketersediaan bahan bakar yang mengakibatkan gangguan macam ini. Padahal, ledakan knalpot motor wajib dilakukan penanganan ke bengkel Suzuki terdekat. Jika tidak, risiko motor bakal terpelanting jauh bisa saja terjadi saat kondisi kendaraan sedang melaju kencang.
Bengkel Suzuki akan melakukan penanganan terkait masalah pada knalpot kendaraan roda dua Anda. Tentu tim akan segera melakukan service dengan mengetahui penyebab utama ledakan pada knalpot motor. Berikut ini, ada 5 penyebab utama terjadi ledakan knalpot motor Anda bermasalah yang wajib diketahui.

1.   Choke yang terbuka
Siapa tahu masalah ledakan pada knalpot motor Anda disebabkan oleh kelalaian sendiri. Siapa tahu Anda lupa menutup choke sesaat setelah menghidupkan mesin motor yang mengakibatkan aliran bensin dari karburator ke ruang bensin melimpah.

Hal ini pula yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna sehingga menghasilkan efek suara duarr saat tuas gas ditarik. Sebaiknya Anda selalu mengontrol posisi choke sebelum dan setelah menggunakan agar meminimalisir terjadi kelalaian tersebut.

2.   Masalah pada busi
Service Suzuki akan memberikan pelayanan dan perawatan maksimal pada komponen motor termasuk busi. Masalah pada busi bisa menyebabkan ledakan pada knalpot motor. Kualitas pantikan api merupakan indikasi pembakaran yang ideal.

Jika pantikan api kecil, maka pembakaran yang terjadi kurang sempurna sehingga terjadi ledakan atau mesin mendadak mati. Sebaiknya lakukan perawatan pada busi secara maksimal baik membersihkan kerak atau mengetahui masa pakai busi yang baik.

3.   Saluran udara ke mesin motor mengalami masalah
Asupan udara ke ruang bakar harus dalam takaran ideal agar pembakaran bisa sempurna. Ada baiknya selalu melakukan pembersihan piranti atau komponen pada kendaraan agar tidak terjadi masalah ledakan pada knalpot yang serius.

4.   Komponen karburator telah aus
Sebagian besar motor Suzuki menggunakan karburator vakum atau Constant Velocity seperti Satria Fu 150 atau all varian Suzuki Matic. Pada karburator jenis ini, aliran bahan bakar ke mesin mengandalkan buka tutup klep yang terbuat dari bahan karet. Tentu saja kekurangan bahan ini cepat sekali mengalami aus.

Akibat karet tak lagi elastis maka proses pengiriman bahan bakar tak lagi sederas semula. Akibatnya, bunyi ledakan tuas gas dikembalikan ke posisi semula  terjadi. Sebaiknya bawa motor Anda langsung ke bengkel Suzuki resmi untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

5.   Knalpot bocor
Bisa jadi ledakan kencang saat tuas gas ditarik dan kembali ke posisi semula disebabkan oleh adanya bagian knalpot yang bocor. Anda wajib melakukan service rutin ke bengkel untuk mengantisipasi masalah kerusakan komponen motor. Selain itu, mengganti piranti dengan suku cadang asli sangat direkomendasikan agar motor Anda bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Beberapa penyebab utama ledakan yang kerap terjadi pada knalpot motor di atas wajib Anda ketahui. Hal ini bisa menjadi wawasan menangani masalah motor Suzuki yang mendadak mati.

Namun, Anda juga bisa langsung membawa motor kesayangan ke Bengkel Suzuki untuk memastikan kerusakan yang terjadi. Toh, banyak kota hingga pelosok daerah yang telah memiliki bengkel milik Suzuki yang legal sehingga Anda tidak perlu was-was saat si kendaraan mogok di tengah jalan, ya!


EmoticonEmoticon