Kamis, 07 Juni 2018

Pilihan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes



Penderita diabetes harus mengendalikan konsumsi makanan sehari-hari terutama konsumsi gula. Salah satu sumber gula yang begitu besar berasal dari nasi. Padahal nasi adalah makanan pokok di negara kita. Karena itulah, penderita diabetes perlu mengonsumsi pengganti nasi yang tepat.

Ada beberapa jenis bahan makanan yang bisa digunakan untuk menggantikan nasi bagi penderita diabetes. Pertama, bahan makanan pengganti nasi yang paling umum adalah kentang. Namun, kentang tidak disarankan diolah dengan cara digoreng melainkan direbus agar tidak memberi pengaruh buruk bagi tubuh.

Berikutnya, penderita diabetes bisa mengonsumsi roti gandum untuk menggantikan nasi. Gunakan roti gandum whole grain yang jika dikonsumsi hampir tidak memberi efek menaikkan gula darah.

Bahan makanan pengganti nasi yang lain adalah singkong. Singkong seringkali hanya dikenal sebagai bahan makanan untuk camilan namun bagi penderita diabetes bahan makanan ini bisa menjadi makanan utama yang mengenyangkan namun tetap aman.

Terakhir, ada pilihan makanan lain yaitu talas. Talas memang tidak sepopuler bahan makanan lain yang aman untuk penderita diabetes. Namun, talas ternyata memiliki segudang manfaat karena selain baik untuk penderita diabetes, talas juga bisa membantu mencegah resiko penyakit jantung.

Selain mengonsumsi bahan makanan yang tepat, penderita diabetes juga perlu memperhatikan cara pengolahan bahan tersebut. Sebisa mungkin hindari pengolahan dengan digoreng dan lebih baik dikukus atau direbus agar lebih sehat bagi tubuh.