Kamis, 07 Juni 2018

Ini Dia Cara Memanggang Makanan yang Benar dan Sehat



Makanan yang dipanggang memang terasa lebih nikmat apalagi jika dimakan bersama dengan teman-teman atau keluarga besar saat acara kumpul bersama. Namun dengan cara pemanggangan yang tidak tepat, makanan yang dipanggang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh bahkan memicu kanker. 

Ada beberapa panduan cara memanggang makanan yang benar sehingga makanan yang dihasilkan bisa menjadi lebih sehat meskipun dipanggang. Cara yang pertama adalah dengan mengganti bahan daging menjadi ikan. Daging dapat menghasilkan zat kimia pemicu kanker ketika dipanggang jadi lebih baik diganti ikan.

Cara memanggang makanan yang benar berikutnya adalah kontrol waktu pemanggangan. Perhatikan lama waktu memanggang makanan. Jika memanggang daging terlalu lama, maka akan muncul senyawa yang bisa meningkatkan resiko diabetes tipe 2 dan hal ini sangat berbahaya jika terjadi terus menerus. 

Lalu ada lagi cara memanggang makanan yang tidak hanya bisa membuat makanan menjadi lebih sehat namun juga semakin enak yaitu dengan menggunakan bumbu pelindung. Anda bisa membuat bumbu perendam dari minyak, air cuka, rempah-rempah yang mengandung antioksidan seperti oregano dan rosemary kemudian tambahkan lada bubuk dan bawang putih.

Rendam daging atau bahan makanan yang akan dipanggang ke dalam bumbu tersebut selama 30 menit sebelum kemudian dipanggang. Merendam di dalam bumbu perendam dipercaya bisa memblok pembentukan senyawa HCA (heterocyclic amines) yang memicu kanker.


EmoticonEmoticon